18 HOURS A DAY

Chat us for the price and other information of a translation, We will assist you and responds each your questions.

Apa itu Visa Schengen Tipe A, Tipe D, dan LTV

Posted by.

Apa itu Airport Transit Visa ( Tipe A)

Visa "Tipe A" atau Visa Jangka Pendek atau disebut juga dengan Airport Transit Visa, memungkinkan anda melakukan perjalanan melalui zona internasional bandara negara Schengen. Visa ini memungkinkan pemegang visa untuk transit melalui negara Schengen ke negara tujuan non-Schengen mereka, tanpa meninggalkan area transit bandara tersebut. Saat transit pastikan dokumen perjalanan lengkap dengan terjemahan oleh penerjemah dokumen tersumpah atau penerjemah tersumpah terdekat dengan anda berada. Negara-negara yang mana warga negaranya diwajibkan memiliki airport transit visa ketika melewati area transit internasional bandara yang terletak di wilayah Negara Anggota Schengen antara lain Afghanistan, Bangladesh, Democratic Republic of the Congo, Eritrea, Ethiopia, Ghana, Iran, Iraq, Nigeria, Pakistan, Somalia dan Sri Lanka.

National Visa atau Visa Jangka Panjang (Tipe D)

National Visa atau Visa Nasional adalah dokumen otorisasi perjalanan yang memungkinkan anda untuk tinggal dalam waktu jangka panjang di negara Wilayah Schengen, visa ini umumnya dikenal sebagai Visa Tipe D atau visa jangka panjang. Pemegang visa nasional akan diizinkan untuk tinggal di wilayah Schengen selama lebih dari 90 hari, dan visa nasional memungkinkan pemegangnya untuk mengajukan permohonan izin tinggal atau jenis visa jangka panjang lainnya. Perlu anda pahami bahwa jenis visa ini memiliki persyaratan tersendiri yang berbeda dari visa Tipe C (Visa Schengen). Dokumen-dokumen persyaratan visa schengen ini antara lain polis asuransi/asuransi perjalanan yang masih berlaku, dokumen perjalanan yang masih berlaku, bukti dana yang cukup, bukti akomodasi, dan sebagainya, selain itu dokumen harus diterjemahkan ke bahasa inggris, anda dapat menggunakan jasa translate dokumen ke bahasa inggris atau penerjemah tersumpah online untuk menghemat waktu anda.

Untuk mendapatkan visa nasional, seseorang harus memenuhi kriteria tertentu, seperti:
  • Pengajar di lembaga pendidikan tinggi maupun pusat penelitian yang berada di salah satu negara anggota Schengen, untuk orang tersebut dan anggota keluarganya.
  • Seorang siswa internasional yang akan memulai program studi penuh di salah satu negara Schengen, visa ini diberikan untuk jangka waktu satu tahun dengan kemungkinan perpanjangan.
  • Program pelajar internasional akan diberikan visa dengan jangka waktu tidak lebih dari satu tahun, dalam pengurusan visa ini anda perlu mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan termasuk terjemahan, anda dapat mencari website penerjemah dokumen bahasa inggris untuk menerjemahkan dokumen-dokumen anda.
  • Para profesional yang memiliki keahlian yang melakukan perjalanan ke salah satu negara Schengen seperti seniman, olahragawan atau profesional lain dengan tujuan berbagi keahliannya.
  • Keadaan darurat, seperti kondisi kesehatan yang memungkinkan seseorang tidak dapat meninggalkan Wilayah Schengen pada jangka waktu yang ditentukan.

Apa itu Limited Territorial Validity Visa (LTV) ?

Visa Validitas Teritorial Terbatas (LTV) hanya memungkinkan anda untuk mengunjungi negara Schengen tertentu, sebagaimana ditentukan pada stiker visa Anda. Perbedaan antara Visa Schengen Standar dan LTV adalah pemegang LTV tidak dapat transit atau mengunjungi Negara Schengen selain yang ditentukan pada stiker visa.

Sebagai contoh:
Jika LTV anda telah dikeluarkan untuk Portugal, maka anda hanya dapat melakukan perjalanan ke Portugal dan tidak ada Negara Schengen lainnya. LTV umumnya dikeluarkan dalam keadaan khusus, seperti alasan kemanusiaan, alasan perjalanan darurat, atau kewajiban perjalanan internasional, jika sebelumnya anda memiliki pengalaman mengurus visa schengen tentu saja mudah mengurusnya. 

Perpanjangan Visa Schengen

Menurut peraturan European Parliament and of the Council (EC) No. 810/2009 tertanggal 13 Juli 2009 yang menetapkan Community Code on Visas (Journal of Laws of the EU of 2009 L243/1), perpanjangan visa jangka pendek dapat diberikan, namun, anda harus tahu ketentuan cara perpanjang visa karena sedikit kemungkinan untuk mendapatkannya, kecuali jika memiliki alasan kuat dan wajar sebagai dasar untuk memperpanjang visa jangka pendek, seperti:
  • Alasan Kemanusiaan
  • Terlambat Masuk
  • Keadaan Darurat/Mendesak (Force Majeure)
  • Alasan penting bersifat pribadi.

Anda dapat menggunakan jasa penerjemah inggris bersertifikat untuk menerjemahkan dokumen-dokumen sebagai dasar alasan perjangan visa diatas.
© 2023 PenerjemahCepat.Com